eprintid: 66798 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/67/98 datestamp: 2024-09-06 02:27:52 lastmod: 2024-09-06 02:27:52 status_changed: 2024-09-06 02:27:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Lita Kusuma, NIM.: 20104030026 title: STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DI HANANIA SHOLEH PLAY GROUP & DAYCARE PLUS DI NANGGULAN, MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN ispublished: pub subjects: 372.21 divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Teacher Strategy; Daycare; Children aged 3-4 years note: Pembimbing: Dr. Lailatu Rohmah, M.S.I abstract: Banyaknya anak bergantung terhadap guru di kelas pada proses pengerjaan tugas di kelas, kurangnya anak dalam berinteraksi dengan teman, dan ada anak yang tidak percaya dengan dirinya sendiri. Maka guru harus menciptakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kemandirian anak usia 3-4 tahun di Hanania Sholeh Play Group & Daycare Plus. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui strategi guru, bentuk kemandirian anak dan faktor pendukung dan penghambat kemandirian anak di Hanania Sholeh Play Group & Daycare Plus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah anak yang berusia 3-4 tahun yang berjumlah 16 anak. Penelitian menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama kepala sekolah dan 2 guru. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, strategi yang di lakukan guru di Hanania yaitu : 1) sounding, 2) Menanamkan kepercayaan diri pada anak, 3) Memberikan contoh nyata kepada anak, 4) Evaluasi setiap bulannya, 5) Kerja sama orang tua dan guru. Kedua, bentuk kemandirian anak yaitu membuang sampah pada tempatnya, melepas dan memakai alas kaki sendiri, makan sendiri, melepas dan memakai celana sendiri, antri dengan tertib, mengisi air minum sendiri di dispenser, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membereskan mainan setelah digunakan. Adapun faktor pendukung dalam peningkatan kemandirian anak diantaranya: a) Penggunaan media yang mendukung, seperti media buku cerita, boneka tangan dan video, b) senang melakukan kegiatan bersama teman, c) Pengasuh tegas dan jelas, d) Fasilitas yang mendukung. Faktor penghambat peningkatan kemandirian anak di diantaranya : a) Orang tua belum percaya kepada anak, b) kurangnya kepercayaan diri anak, c) orang tua memanjakan anak. date: 2024-08-15 date_type: published pages: 136 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lita Kusuma, NIM.: 20104030026 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DI HANANIA SHOLEH PLAY GROUP & DAYCARE PLUS DI NANGGULAN, MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66798/1/20104030026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66798/2/20104030026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf