TY - THES N1 - Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, M.A. ID - digilib66805 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66805/ A1 - Atalia Kamila, NIM.: 20104010104 Y1 - 2024/08/09/ N2 - Pemahaman materi siswa seringkali menjadi tantangan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Di era digital saat ini, pendidikan harus responsif terhadap teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan menerapkan metode diskusi yang memanfaatkan aplikasi seperti discord. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh metode diskusi melalui aplikasi Discord terhadap pemahaman materi PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen, jenis penelitian quasi eksperimen pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari kelas kontrol 27 siswa (X E7) dan kelas eksperimen 31 siswa (X E8). Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pemahaman materi. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan variabel dummy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi melalui aplikasi discord terhadap pemahaman materi PAI (B = -3,459, p = 0,032; p < 0,05). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Diskusi; Aplikasi Discord; PAI M1 - skripsi TI - PENGARUH METODE DISKUSI MELALUI APLIKASI DISCORD TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA NEGERI I PARAKAN AV - restricted EP - 208 ER -