relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6681/ title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 creator: Nafisatun Nisa, NIM.: 16420026 subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Penelitian bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran menggunakan model Quantum Learning dalam pembelajaran Nahwu serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan dan prestasi belajar Nahwu antara kelas eksperimen dan kelas kontrol santri kelas III Madrasah Salafiyah III PP. Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik angket dilakukan dua kali yaitu pre-skala dan post-skala. Tes yang dilakukan yaitu pretest dan posttest. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment Karl Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogrov- Smirnov serta uji homogenitas dengan rumus Test of Homogeneity Variance. Hasil perolehan data dianalisis menggunakan uji t rumus Paired Sample t Test dan rumus Independent Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimentasi model pembelajaran Quantum Learning berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dilihat dari adanya perbedaan nilai hasil uji t nilai pre-skala dan post-skala serta hasil uji t nilai pretest dan posttest kelas eksperimen. Hasil uji t nilai pre-skala dan post-skala kelas eksperimen sebesar 0,000 (<0,05) serta hasil uji t nilai pretest dan posttestnya sebesar 0,000 (<0,05). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t nilai nilai post-skala antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), serta hasil uji t nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,004 (<0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada keaktifan dan prestasi belajar antara kedua kelas tersebut. Sehingga model pembelajaran Quantum Learning dapat dijadikan langkah alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dalam pembelajaran Nahwu. Adapaun dalam pelaksanaan uji coba ini, terdapat faktor pendukung keberhasilan eksperimentasi yaitu: a. Adanya semangat dan antusias yang tinggi pada diri santri, b. Kompetensi ustadz dalam mengajar, c. kompetensi santri, d. Perencanan pembelajaran yang matang, e. Kitab Nahwu yang mudah dipahami. Serta faktor penghambat yaitu: a. Kurangnya jam KBM , b. Kurangnya intensitas tatap muka dalam kelas, c. Ruang kelas yang sempit. date: 2020-05-13 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6681/1/16420026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6681/2/16420026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Nafisatun Nisa, NIM.: 16420026 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.