<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021"^^ . "Penelitian bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran\r\nmenggunakan model Quantum Learning dalam pembelajaran Nahwu serta untuk\r\nmengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan dan prestasi\r\nbelajar Nahwu antara kelas eksperimen dan kelas kontrol santri kelas III Madrasah\r\nSalafiyah III PP. Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan\r\npendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang\r\ndipakai adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik\r\nangket dilakukan dua kali yaitu pre-skala dan post-skala. Tes yang dilakukan yaitu\r\npretest dan posttest. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment\r\nKarl Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji\r\npersyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogrov-\r\nSmirnov serta uji homogenitas dengan rumus Test of Homogeneity Variance. Hasil\r\nperolehan data dianalisis menggunakan uji t rumus Paired Sample t Test dan rumus\r\nIndependent Sample t Test.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimentasi model pembelajaran\r\nQuantum Learning berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat pengaruh yang\r\npositif dan signifikan dilihat dari adanya perbedaan nilai hasil uji t nilai pre-skala\r\ndan post-skala serta hasil uji t nilai pretest dan posttest kelas eksperimen. Hasil uji\r\nt nilai pre-skala dan post-skala kelas eksperimen sebesar 0,000 (<0,05) serta hasil\r\nuji t nilai pretest dan posttestnya sebesar 0,000 (<0,05). Artinya terdapat perbedaan\r\nyang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Dan terdapat\r\nperbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut\r\ndibuktikan dengan hasil uji t nilai nilai post-skala antara kelas eksperimen dan kelas\r\nkontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), serta hasil uji t nilai posttest\r\nantara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,004 (<0,05) yang artinya\r\nterdapat perbedaan yang signifikan pada keaktifan dan prestasi belajar antara kedua\r\nkelas tersebut. Sehingga model pembelajaran Quantum Learning dapat dijadikan\r\nlangkah alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi\r\nbelajar dalam pembelajaran Nahwu. Adapaun dalam pelaksanaan uji coba ini,\r\nterdapat faktor pendukung keberhasilan eksperimentasi yaitu: a. Adanya semangat\r\ndan antusias yang tinggi pada diri santri, b. Kompetensi ustadz dalam mengajar, c.\r\nkompetensi santri, d. Perencanan pembelajaran yang matang, e. Kitab Nahwu yang\r\nmudah dipahami. Serta faktor penghambat yaitu: a. Kurangnya jam KBM , b.\r\nKurangnya intensitas tatap muka dalam kelas, c. Ruang kelas yang sempit."^^ . "2020-05-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . . "NIM.: 16420026"^^ . "Nafisatun Nisa"^^ . "NIM.: 16420026 Nafisatun Nisa"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Text)"^^ . . . . . "16420026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Text)"^^ . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #6681 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR NAHWU KELAS III MADRASAH SALAFIYAH III PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .