%0 Thesis %9 Skripsi %A Abdul Latif, NIM.: 20104010009 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66821 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Project-Based Learning; Prestasi Belajar; PAI dan Budi Pekerti %P 146 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66821/ %X Latar belakang penelitian ini adalah ketika proses pembelajaran peserta didik di kelas 10 cenderung pasif dan bersifat teacher centered. Selain itu, Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) masih belum tercukupi. Sehingga memerlukan alternatif model pembelajaran lainnya, seperti project-based learning guna meningkatan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik dikelas 10 di SMA 4 Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen (model Quasi Eksperimental Design) dengan bentuk Noneequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 10 E5 dan E8 di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan tes prestasi belajar (pretest dan posttest) yang dijabarkan melalui statistik deskriptif. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas 10 di SMA Negeri 4 Yogyakarta (t = 5,926 df = 46 dan p = 0,000 < 0,05). Berdasarkan uji independent sample t-test menunjukan nilai signifikansi 0,000 dengan nilai rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima. 2) besar pengaruh model pembelajaran pembelajaran project-based learning terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik di kelas 10 SMA 4 Negeri Yogyakarta melalui uji effect size mendapatkan nilai r sebesar 0,66. Nilai tersebut menunjukan pengaruh dengan kategori besar. %Z Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag.