%0 Thesis %9 Skripsi %A Syukmi Muniratul Kamalia, NIM.: 19104020006 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66824 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media; Permainan; Tebak Kata; Minat Belajar %P 149 %T PENGARUH MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66824/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar bahasa Arab siswa dan kurang beragamnya media yang digunakan oleh guru sehingga membutuhkan inovasi baru yang lebih menarik dalam penggunaan media pembelajaran guna untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan tebak kata dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Al Iman Sorogenen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V MI Al Iman Sorogenen yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian menggunakan jenis sampel (Non Probability Sampling) dengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Pengkajian instrumen menggunakan Uji Validasi dan Uji Reliabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis minat belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.104 yang berarti lebih besar dari 0.005. Berdasarkan pengambilan keputusan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. %Z Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.