eprintid: 66825 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/68/25 datestamp: 2024-09-09 01:16:00 lastmod: 2024-09-09 01:16:00 status_changed: 2024-09-09 01:16:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nadia Prita Kusmaedi, NIM.: 18106000049 title: ANALISIS COGNITIVE FLEXIBILITY SISWA PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA ispublished: pub subjects: 510.7 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: cognitive flexibility; kecemasan matematika; geometri note: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. abstract: Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib disemua jenjang pendidikan. Matematika seringkali menjadi pelajaran yang dianggap sulit dikarenakan berhubungan dengan angka, rumus dan siswa sering kali mengalami kecemasan matematika. Oleh karenanya siswa perlu memiliki kemampuan berfikir yang fleksibel agar dapat menyesuaikan diri dengan berbagai persoalan matematika yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana cognitive flexibility (fleksibilitas berfikir) siswa dalam menyelesaikan soal geometri jika ditinjau dari kecemasan matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 2 Ngadirejo pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 29 siswa. Teknik pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket kecemasan matematika, soal tes geometri, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat siswa dengan level kecemasan matematika tinggi dan sedang, ditemukan bahwa siswa dengan kecemasan matematika level sedang setidaknya mampu memenuhi empat indikator cognitive flexibility, sedangkan siswa dengan level kecemasan matematika tinggi hanya mampu maksimal memenuhi tiga indikator dari total enam indikator yang ada. date: 2024-08-15 date_type: published pages: 171 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nadia Prita Kusmaedi, NIM.: 18106000049 (2024) ANALISIS COGNITIVE FLEXIBILITY SISWA PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66825/1/18106000049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66825/2/18106000049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf