%0 Thesis %9 Skripsi %A Yusrika Riki Saputra, NIM.: 18106000011 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66831 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K komunikasi matematis; Ssswa slow learner; peserta didik %P 281 %T ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SLOW LEARNER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN DATAR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66831/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan telaah kemampuan komunikasi matematis siswa slow learner dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Data dan sumber data yang termuat dalam penelitian ini adalah dari siswa slow learner yang ada mulai dari kelas VII A sampai kelas VII G. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis secara tertulis dan juga tes wawancara sesuai dengan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti secara umum adalah dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa slow learner masih rendah, hal ini terlihat dari jawaban pada tes tertulis siswa yang diperkuat dengan hasil tes wawancara. Komunikasi matematika tulis siswa lamban belajar dalam menyelesaikan permasalahan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari hasil dokumentasi lembar jawab yang diperoleh, siswa slow learner kesulitan dalam menyampaikan ide ketika peneliti mengkonfirmasi ulang jawaban yang ditulis oleh siswa. %Z Pembimbing: Nurul Arfinanti,M.Pd.