TY - THES N1 - Pembimbing: Muhamad Iskhak, M.Pd. ID - digilib66835 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66835/ A1 - Elisa Syarofah Andalas Putri, NIM.: 18104090017 Y1 - 2024/05/16/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan. Seorang guru harus memiliki kualifikasi kompetensi guru yang sesuai dengan undang-undang berlaku. Guru berhak memperoleh pembinaan dan kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya, oleh sebab itu kepala sekolah memiliki tanggung jawab sebagai seorang pemimpin untuk mengarahkan guru dalam proses peningkatan kompetensinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: kompetensi guru di MI Tahfidz Al Fatimiyah Krapyak Yogyakarta dan strategi peningkatan kompetensi guru di MI Tahfidz Al Fatimiyah Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melibatkan tiga langkah teknik analisis data di antaranya: reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru di MI Tahfidz Al Fatimiyah hanya 73% yang telah memenuhi standar kompetensi guru dan secara keseluruhan kompetensi guru sudah tergolong baik, 2) strategi peningkatan kompetensi guru oleh kepala sekolah adalah melakukan kunjungan kelas, evaluasi bulanan, pendampingan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dukungan studi lanjut, melaksanakan pembinaan rohani, pelatihan dan study banding guru serta KKGMI (Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kepala Sekolah; Kompetensi; UKG M1 - skripsi TI - STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ AL FATIMIYAH KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted EP - 127 ER -