%0 Thesis %9 Skripsi %A Fitriana, NIM.: 20104070036 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66837 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Atlas; Famili Euphorbiaceae; Media Belajar; Morfologi %P 173 %T EKSPLORASI MORFOLOGI TUMBUHAN FAMILI EUPHORBIACEAE DI KAWASAN GOA SELARONG DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI ATLAS UNTUK MEDIA BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66837/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan morfologi tumbuhan Famili Euphorbiaceae di kawasan Goa Selarong, mengetahui pengembangan atlas morfologi tumbuhan Famili Euphorbiaceae di kawasan Goa Selarong sebagai media belajar siswa kelas X SMA/MA, mengetahui kualitas pengembangan atlas morfologi tumbuhan Famili Euphorbiaceae di kawasan Goa Selarong sebagai media belajar siswa kelas X SMA/MA, mengetahui respon siswa terhadap atlas morfologi tumbuhan Famili Euphorbiaceae di kawasan Goa Selarong sebagai media belajar siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu meliputi tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), dan pengembangan (Development). Penelitian eksplorasi morfologi tumbuhan Famili Euphorbiaceae di Goa Selarong diperoleh sebanyak 9 spesies yang teridentifikasi yaitu Acalypha indica L., Acalypha siamensis Oliv ex. Gage, Codiaeum variegatum (L.) Rumph Ex A. Juss, Euphorbia hirta L., Euphorbia milii Des Moul., Euphorbia thymifolia L., Euphorbia tithymaloides L., Manihot utilissima Pohl, dan Phyllanthus niruri L. Kualitas produk atlas morfologi tumbuhan Famili Euphorbiaceae di Goa Selarong dinilai menggunakan instrumen penilaian berdasarkan skala Likert untuk reviewer (1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 siswa kelas X SMAN 1 Jetis Bantul. Hasil dari penelitian pengembangan ini menghasilkan media belajar berupa atlas morfologi tumbuhan Famili Euphorbiaceae di Goa Selarong dengan penilaian ahli materi sebesar 85,33%, penilaian ahli media sebesar 96%, penilaian peer reviewer sebesar 94,6%, penilaian guru biologi sebesar 93%, dan respon siswa sebesar 93,68%. Kesimpulan penelitian adalah kualitas media belajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMA/MA %Z Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd.