eprintid: 66849 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/68/49 datestamp: 2024-09-09 02:02:11 lastmod: 2024-09-09 02:02:11 status_changed: 2024-09-09 02:02:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Arif Laksono, NIM.: 17104010129 title: KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: kreativitas guru; pembelajaran PAI; profesionalisme guru note: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S. Pd., M. Hum. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat terlaksana dengan baik apabila guru dan siswa bekerjasama dalam kegiatan proses pembelajaran. Guru sebagai pemimpin di dalam proses pembelajaran dituntut kreatif guna meningkatkan proses pembelajaran. Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bantul cukup memadai, namun secara kualitas dari tingkat kreativitas yang dimiliki dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih perlu ditingkatkan, terlihat dalam observasi maupun dalam wawancara guru masih hanya melakukan tugas dan fungsinya secara standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Bantul, baik bentuk kreativitas guru PAI, faktor pendukung kreativitas guru PAI dan tantangan yang dihadapi guru PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, siswa dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan catatan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru PAI dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Bantul termasuk baik, akan tetapi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Bantul termasuk dalam kategori standar sehingga masih perlu untuk ditingkatkan dan dikembangkan. Bentuk Kreativitas dalam proses pembelajaran antara lain: (1) Perancangan dan penyiapan pembelajaran, (2) Pengelolaan kelas, (3) Pemanfaatan waktu, (4) Penggunaan metode pembelajaran, (5) Penggunaan media pembelajaran, (6) Evaluasi pembelajaran dan (7) Pendekatan dengan siswa. Faktor pendukung kreativitas guru PAI dalam proses pembelajaran antara lain: (1) Sarana dan Prasarana, (2) Kerja sama antar guru, (3) Lingkungan yang kondusif. Sedangkan tantangan kreativitas guru PAI antara lain: (1) Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam, (2) Siswa dengan karakter dan cara belajar yang berbeda-beda, (3) Alokasi jam mata pelajaran PAI pada jam terakhir dan berturut-turut. date: 2024-06-28 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Arif Laksono, NIM.: 17104010129 (2024) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66849/1/17104010129_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66849/2/17104010129_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf