%0 Thesis %9 Skripsi %A Mohammad Ahsan Nadhif Zamrudy, NIM.: 19104010029 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66864 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problem Based Learning, Al-Qur’an dan Hadist, Sikap Sosial %P 183 %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS GUNA MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66864/ %X Penelitian ini di latarbelakangi bahwa penggunaan Problem Based Learning ini menyesuaikan karakteristik, kemampuan siswa kelas IX, dan betujuan untuk menjadikan proses pembelajaran dapat memberikan acuan dalam pembentukan sikap sosial peserta didik melalui interaksi sesama yang sesuai dengan kompetensi sikap peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL yang dapat membentuk sikap sosial peserta didik sehingga dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penggunaan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif, metode wawancara, dokumentasi. Dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, dan waktu. Sehingga penelitian ini menghasilkan: (1) Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist di MTs Negeri 5 Bantul berjalan sesuai dengan kaidah langkah-langkah, dan karakteristik model pembelajaran tersebut, penggunaan model pembelajaran ini sudah efektif, hanya beberapa hal masih perlu di perhatikan oleh guru dan sekolah dari segi fasilitas yang diberikan berupa buku bacaan siswa yang masih kurang terpenuhi. (2) Model pembelajaran PBL ini dapat memudahkan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, yang mana peserta didik dapat berinteraksi dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok, sehingga pembetukan sikap sosial jujur, tanggung jawab, sopan santun, peduli, dan disiplin pada peserta didik dalam aspek penerimaan (accepting), menjalankan (responding), menghargai (valuing), menghayati (organizing/internalizing), mengamalkan (characterizing/actualizing) tecapai dalam pembelajaran. %Z Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.