eprintid: 66864 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/68/64 datestamp: 2024-09-17 06:42:01 lastmod: 2024-09-17 06:42:01 status_changed: 2024-09-17 06:42:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Mohammad Ahsan Nadhif Zamrudy, NIM.: 19104010029 title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS GUNA MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Problem Based Learning, Al-Qur’an dan Hadist, Sikap Sosial note: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag. abstract: Penelitian ini di latarbelakangi bahwa penggunaan Problem Based Learning ini menyesuaikan karakteristik, kemampuan siswa kelas IX, dan betujuan untuk menjadikan proses pembelajaran dapat memberikan acuan dalam pembentukan sikap sosial peserta didik melalui interaksi sesama yang sesuai dengan kompetensi sikap peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL yang dapat membentuk sikap sosial peserta didik sehingga dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penggunaan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif, metode wawancara, dokumentasi. Dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, dan waktu. Sehingga penelitian ini menghasilkan: (1) Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist di MTs Negeri 5 Bantul berjalan sesuai dengan kaidah langkah-langkah, dan karakteristik model pembelajaran tersebut, penggunaan model pembelajaran ini sudah efektif, hanya beberapa hal masih perlu di perhatikan oleh guru dan sekolah dari segi fasilitas yang diberikan berupa buku bacaan siswa yang masih kurang terpenuhi. (2) Model pembelajaran PBL ini dapat memudahkan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, yang mana peserta didik dapat berinteraksi dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok, sehingga pembetukan sikap sosial jujur, tanggung jawab, sopan santun, peduli, dan disiplin pada peserta didik dalam aspek penerimaan (accepting), menjalankan (responding), menghargai (valuing), menghayati (organizing/internalizing), mengamalkan (characterizing/actualizing) tecapai dalam pembelajaran. date: 2024-07-01 date_type: published pages: 183 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mohammad Ahsan Nadhif Zamrudy, NIM.: 19104010029 (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS GUNA MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66864/1/19104010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66864/2/19104010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf