eprintid: 66875 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/68/75 datestamp: 2024-09-09 03:37:28 lastmod: 2024-09-09 03:37:28 status_changed: 2024-09-09 03:37:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Arief Wijayana, NIM.: 17104010054 title: UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN MATERI AL-HADITS: UPAYA, METODE, FAKTOR PENDUKUNG DAN TANTANGAN DI SDIT AL-IHKLAS DESA MANTREN KARANGREJO MAGETAN ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: karakter; pembiasaan; hafalan note: Pembimbing:Drs. H. Radino M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus-kasus kenakalan remaja, yang menunjukkan indikasi bahwa adanya degradasi moral atau problem karakter yang sedang melanda. Adanya indikasi problem karakter juga terjadi di lingkungan SDIT AL-IKHLAS dimana para siswa masih sering membuang sampah sembarangan, berbicara kotor, berperilaku nakal dan lain sebagainya. Pihak sekolah menyelenggarakan program-program pembiasaan untuk membentuk karakter siswa yang Islami, salah satunya adalah program pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits. Oleh karena itu, dalam skripsi ini peneliti ingin meneliti lebih jauh mengenai program pembentukan karakter melalui pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits, serta bagaimana upaya dari pihak sekolah untuk membentuk karakter siswa yang islami. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dalam pengumpalan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi behavioristik, dimana dalam psikologi behavioristik memandang bahwa setiap tindakan atau perilaku bersumber stimulus dan mengakibatkan suatu respon yang muncul. Teknik analisis data menggunakan beberapa komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Dari Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa 1) Pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits diselenggarakan setiap hari selama hari sekolah yang dimulai sebelum pembelajaran dimulai dan setiap siswa diwajibkan untuk menghafal 50 hadits pendek beserta artinya. 2) Banyak faktor yang menjadi pendukung serta penghambat berjalannya pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits, sebuah buku kontrol digunakan untuk mendukung dan membantu guru dalam mengawasi hafalan setiap murid, serta beberapa faktor eksternal seperti lingkungan, teman, ataupun kontrol orangtua yang kurang yang menjadikan proses pembiasaan hafalan materi Al-Hadits menjadi terhambat. 3) Pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits dalam prosesnyamampu untuk membentuk karakter siswa yang disiplin, religius, serta bertanggung jawab. date: 2024-06-26 date_type: published pages: 163 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Arief Wijayana, NIM.: 17104010054 (2024) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN MATERI AL-HADITS: UPAYA, METODE, FAKTOR PENDUKUNG DAN TANTANGAN DI SDIT AL-IHKLAS DESA MANTREN KARANGREJO MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66875/1/17104010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66875/2/17104010054BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf