%A NIM.: 17104020068 Samrotul Jannah %O Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah., M.Ag. %T MATERI BUKU NAHWU "DIKTAT `IMRITI" KARYA TIM KURIKULUM MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH (TINJAUAN TEORI MACKEY) %X Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembelajaran bahasa Arab di Indonesia masih menyisakan berbagai problematika, salah satunya bahan ajar yang tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik dan sulitnya memahami ilmu nahwu. PP. Nurul Ummah Kotagede memiliki bahan ajar sendiri dalam pembelajaran nahwu yang diberi nama Diktat `Imriṭi. Buku ini merupakan media baru yang menyajikan materi lebih praktis dan simpel. Peneliti ingin menganalisis materi yang ada di bahan ajar Diktat Imrithy dari segi kualitas dan kelayakannya berdasarkan teori dari Wiliam Francis Mackey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian libarary reseach, teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penilitian yang dilakukan, pada aspek seleksi yang mencakup tujuan pembelajaran, tingkat kemampuan peserta didik dan waktu pembelajaran sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kebutuhan lembaga. Pada aspek gradasi buku Diktat Imrithy menggunakan jenis gradasi lurus yang memuat dua metode yaitu pengelompokkan dan pengurutan. Pada aspek presentasi buku Diktat `Imriṭi menggunakan prosedur deferensial dan kontekstual. Pada aspek repitisi yang mencakup empat kompetensi yaitu Istimā’, Kalām, Qira’āh, dan Kitābah, hanya pada kompetensi Qira’āh yang ditemukan bentuk repitisinya. %K Buku Ajar; Tata Bahasa Arab; Teori Mackey %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib66881