%0 Thesis %9 Skripsi %A Adam Syihab Mahayin, NIM.: 20107010067 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA %D 2024 %F digilib:66886 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Academic stress; cyberloafing; public university student; self regulation %P 123 %T HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN STRES AKADEMIK DENGAN PERILAKU CYBERLOAFING PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66886/ %X Cyberloafing adalah fenomena yang banyak ditemui di kalangan mahasiswa PTN di Daerah Istimewa Yogyakarta yang perlu diperhatikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji hubungan antara stres akademik dan regulasi diri dengan cyberloafing pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan populasi mahasiswa PTN di Yogyakarta yang masih mengikuti pembelajaran di kelas. Penentuan minimal sampel menggunakan G-power dan total sampel yang digunakan adalah 115 partisipan. Instrumen penelitian meliputi Skala Cyberloafing, Skala Regulasi Diri, dan Skala Stres Akademik. Analisis regresi menunjukkan hubungan signifikan antara regulasi diri dan stres akademik dengan cyberloafing (p = 0,002; r = 0,114). Hubungan regulasi diri dengan cyberloafing bersifat negatif signifikan (p = 0,007; R² = 0,065; estimate -0,410), artinya semakin baik regulasi diri, semakin rendah cyberloafing. Stres akademik berhubungan positif signifikan dengan cyberloafing (p = 0,017; R² = 0,049; estimate 0,443), artinya semakin tinggi stres akademik, semakin tinggi cyberloafing. Penelitian ini memberikan wawasan bahwa untuk menghindari perilaku cyberloafing, mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan regulasi diri dalam menanggapi stres akademik. %Z Pembimbing: Mayreyna Nurwardani, S.Psi, M.Psi