eprintid: 66923 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/69/23 datestamp: 2024-09-10 07:53:39 lastmod: 2024-09-10 07:53:39 status_changed: 2024-09-10 07:53:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nisa Gusti Zulfia, NIM.: 17107020049 title: STRATEGI ENTERPRENEUR MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS WARUNG KOPI “MATO KOPI PUSAT” YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: 301 divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Ekonomi Kreatif, Kreativitas, Inovasi, Warung kopi note: Pembimbing: Dr. Muryanti S.Sos., M.A, abstract: Penelitian ini membahas tentang strategi kewirausahaan untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai studi kasus pada bisnis kedai kopi Mato Kopi Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi yang digunakan para pengusaha untuk mengembangkan ekonomi kreatif diterapkan di perusahaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah tindakan sosial yang diperkenalkan oleh Max Weber. Dalam teori ini, Max Weber mengklasifikasikan perilaku sosial menjadi empat jenis. Saat ini industri kreatif menjadi hal yang penting bagi para wirausahawan sebagai salah satu hal yang perlu dikembangkan dan diterapkan dalam membangun sebuah usaha. Pengusaha mengembangkan usahanya sesuai dengan strategi inovasi atau mempertimbangkan peluang yang ada untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Industri kreatif kini diakui kemampuannya dalam mengembangkan bakat di bidang sains, inovasi, dan aktivisme. Perkembangan ekonomi kreatif ini dapat mencakup seluruh bidang usaha, termasuk sektor kuliner. Perusahaan di bidang kuliner juga terbagi menjadi beberapa sektor, seperti bisnis kedai kopi. Hasil penelitian ini menemukan bahwasannya ide kreatif merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dan digunakan sebagai upaya seorang pengusaha dalam mengembangkan usaha yang dimilikinya. Ide kreatif seorang entrepreneur dapat menciptakan sesuatu yang unik dan menjadi ciri khas usahanya. Bentuk strategi yang diterapkan oleh pemilik Mato Kopi Yogyakarta ini antara lain adalah membangun konsep warung kopi dengan bangunan limasan yang didominasi kayu sebagai ciri khas, memberikan fasilitas terbaik seperti pembebasan biaya parkir dan harga yang terjangkau dengan menu yang bervariasi serta operasional warung selama 24 Jam. Selain itu pemilik Mato Kopi juga memperhatikan kesejahteraan karyawannya seperti memberikan fasilitas berupa mess sebagai tempat tinggal, makan dan minum dan memberikan kelonggaran bagi karyawannya untuk melaksanakan sholat lima waktu. Strategi yang lain yang dilakukan oleh pemilik Mato Kopi ini dalam mengembangkan ekonomi kreatif adalah melebarkan usahanya di bidang lain seperti pembuatan kayu ukir dan rumah makan keluarga yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Mato Kopi Yogyakarta juga merupakan salah satu warung kopi terlama di Yogyakarta yang hingga saat ini masih eksis. Dalam penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa tindakan pemilik Mato Kopi Yogyakrta termasuk tindakan sosial yang berkaitan dengan tindakan sosial milik Max Weber. date: 2024-08-05 date_type: published pages: 115 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nisa Gusti Zulfia, NIM.: 17107020049 (2024) STRATEGI ENTERPRENEUR MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS WARUNG KOPI “MATO KOPI PUSAT” YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66923/1/17107020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66923/2/17107020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf