TY - THES N1 - Pembimbing: Reza Mina Pahlewi, S.Pd., M.A ID - digilib66927 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66927/ A1 - Hanna Amaliyah, NIM.: 20102020075 Y1 - 2024/08/07/ N2 - Siswa di Sekolah Menengah atas rentan terhadap berbagai gangguan yang dapat mengganggu kehidupan pribadi sosial mereka. Salah satu masalah yang sering muncul adalah kekurangan kepercayaan diri. Siswa dengan kepercayaan diri rendah cenderung mengalami rasa minder dan menarik diri dari interaksi sosial. Upaya konkret diperlukan untuk membantu siswa mengatasi kendala ini, salah satunya melalui konseling individu. konseling individu merupakan salah satu upaya untuk membantu siswa yang mengalami masalah kepercayaan diri yang rendah agar memiliki kepercayaan diri yang baik sehingga dapat merasa berharga dan sejahtera secara emosional dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek guru BK dan siswa kelas X. Adapun objek dari penelitian ini mengenai tahapan konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Berbah. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari penelitian ini yaitu terdapat 3 tahapan konseling, pertama tahapan meliputi: membangun hubungan komunikasi dengan klien, memperjelas dan mendefinisikan masalah, dan menegoisasikan kontrak. Kedua tahap pertengahan (kerja) meliputi: mengeksplorasi masalah klien, pemeberian afirmasi positif. Ketiga tahap akhir meliputi: evaluasi dan menindaklanjuti jalannya proses konseling. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Individual Counseling; Self-Confidence; Class X Students M1 - skripsi TI - KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BERBAH AV - restricted EP - 146 ER -