%0 Thesis %9 Skripsi %A Dani Alin, NIM.: 201070200036 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA %D 2024 %F digilib:66970 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pemberdayaan, Novo Club, CSR %P 194 %T IMPLEMENTASI CSR PARAGONCORP MELALUI NOVO CLUB (STUDI KASUS NOVO CLUB REGION YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66970/ %X Pada tahun 2022 hingga tahun 2024 banyak mahasiswa yang mengikuti Novo Club setiap batchnya. Dimana Novo Club merupakan bagian dari CSR ParagonCorp di bidang pendidikan (pemberdayaan mahasiswa). CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. CSR bidang pendidikan atau pemberdayaan yang ditujukan kepada mahasiswa tentu diperlukan. Hal itu dibuktikan dengan adanya mahasiswa yang mengikuti kegiatan MSIB sebanyak 47.984 mahasiswa dan semacamnya pada tahun 2024. Penelitian mengenai CSR ParagonCorp dalam Novo Club menjadi menarik dan perlu diketahui bagaimana implementasi CSR ParagonCorp melalui Novo Club. Khususnya di Region Yogyakarta. Sebab, region Yogyakarta merupakan salah satu region yang memiliki banyak anggota atau paranovo. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana implementasi CSR ParagonCorp melalui Novo Club Region Yogyakarta. Hal itu meliputi bagaimana bentuk dan prinsip pemberdayaan, faktor pendukung dan penghambat, serta pola CSR yang ada di Novo Club Region Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus. Pendekatan metode studi kasus digunakan untuk mengeksplorasi implementasi Novo Club khususnya di Region Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori pemberdayaan oleh Edi Suharto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan mahasiswa melalui Novo Club Region Yogyakarta diimplementasikan dalam berbagai kegiatan. Diantaranya, learning and development meliputi bootcamp, webinar, monthly course. Kemudian melalui group project sebagai penerapan materi dan praktik paranovo dalam menjalankan inovasi project sosial. Paranovo mendapatkan banyak manfaat pengetahuan, pengalaman, relasi, dan skills. Berdasarkan analisis, bentuk pemberdayaan Novo Club lebih cenderung ke bentuk pemberdayaan sosial. Sementara itu, pemberdayaan secara ekonomi belum terlalu dirasakan oleh paranovo. ParagonCorp juga mendapatkan keuntungan dari adanya Novo Club Region Yogyakarta. Diantaranya, branding ParagonCorp naik atau semakin dikenal masyarakat, CSR terlaksana secara meluas, dan mendapatkan sumber daya inovatif yang dapat digunakan sebagai perpanjangan tangan ParagonCorp. Selanjutnya, prinsip-prinsip pemberdayaan yang ada di Novo Club Region Yogyakarta telah diimplementasikan dengan baik oleh ParagonCorp. ParagonCorp menggunakan pola CSR terlibat langsung dalam pengelolaan Novo Club Region Yogyakarta. Selama ini, faktor pendukung berjalannya Novo Club berasal dari perusahaan, paranovo, kolaborator, dan masyarakat. Selain itu, terdapat beberapa faktor penghambat seperti komunikasi yang kurang efektif, manajemen anggota yang kurang, jawal bentrok, dan kurangnya komitmen anggota. Hal itu menjadi perhatian bahwa manajemen Novo Club perlu diperbaiki. Perbaikan diperlukan agar pemberdayaan mahasiswa melalui Novo Club menjadi lebih baik kedepannya. %Z Pembimbing: Dwi Nur Laela Fithriya, S.IP., M.A.