@phdthesis{digilib66972, month = {July}, title = {PENGARUH INSTAGRAM @CAFEPEDIAJOGJA SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KUNJUNGAN CAF{\'E} DI YOGYAKARTA (Survei pada followers akun @cafepediajogja)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18107030107 Fuad Taufiqurrachman}, year = {2024}, note = {Pembimbing; Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si.}, keywords = {social media marketing; consumer behavior; impulse buying; waste.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66972/}, abstract = {Penelitian ini menganalisis pengaruh Instagram sebagai social media marketing terhadap perilaku konsumtif followers akun @cafepediajogja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Instagram dapat mempengaruhi pola pembelian impulsif, pembelian tidak rasional, dan pemborosan pada pengikut akun tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksplanatif untuk menguji teori uses and effect yang berasumsi bahwa paparan social media marketing melalui Instagram akan sangat mungkin mengakibatkan penggunanya mengalami perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram sebagai social media marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif followers akun @cafepediajogja sebesar 84,9\%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram secara efektif dapat meningkatkan konsumsi impulsif dan tidak rasional pada pengikutnya, yang akan berdampak pada peningkatan perilaku konsumtif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman tentang bagaimana media sosial dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif dan dampaknya terhadap perilaku konsumtif pengguna.} }