%0 Thesis %9 Skripsi %A Adelia Kusuma Putri, NIM.: 20102020079 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2024 %F digilib:66981 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K personal guidance; learning motivation; potensi siswa %P 149 %T BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66981/ %X Penelitian ini d ilatar belakangi ole h keadaan keadaan siswa yang saat ini banyak yang memiliki motivasi belajar yang kurang/rendah, sedangkan motivasi belajar sangatlah penting bagi para siswa untuk keberhasilan menerima materi pembelajaran disekolah. Siswa akan dengan mudah dan senang hati belajar di sekola h ketika mereka memiliki motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini membahas mengenai bimbingan pribadi dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Dengan adanya bimbingan pribadi yang dilakukan oleh guru BK kepada siswa s iswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, maka dapat dianggap bahwa bimbingan pribadi ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah tidak bisa hanya dibiarkan saja, hingga mereka semakin tidak bersem angat untuk belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap tahap bimbingan pribadi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru BK, guru mata pelajaran, dan siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan menyusun dan mengolah data yang diperoleh dari lapangan, kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Cara mengetahui keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah tahap tahap bimbingan pribadi untuk meningka tkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta terdiri dari empat tahap yaitu T ahap perencanaan , tahap ini biasanya guru BK akan mendapatkan laporan dari guru mata pelajaran atau wali kelas terhadap siswanya dan menceritakan tentang tindakan yang dilakukan siswa siswa yang memiliki motivasi belajar rendah tersebut. T ahap pelaksanaan , yaitu pemberian bantuan kepada siswa dengan metode langsung (berhadapan langsung dengan siswa) dan juga kolaborasi dengan guru mata pelajaran ataupun wali kelas. T aha p evaluasi, yaitu mengevaluasi perkembangan siswa setelah dilakukannya bimbingan pribadi, melihat perubahan perubahan yang terjadi pada siswa tersebut. T ahap terakhir yaitu tindak lanjut , tahap ini tidak selalu dilakukan oleh guru BK, tahap ini tidak akan dilakukan jika melihat siswa sudah mengalami perubahan yang positif, tetapi akan dilakukan jika tidak ada perubahan pada siswa. %Z Pembimbing : Reza Mina Pahlewi, M.A.