%0 Thesis %9 Skripsi %A Haeatin Hizbiyyah, NIM.: 17104010113 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:67011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Game Online, Motivasi Belajar, Siswa, MA Wathoniyah Islamiyah, Pengaruh Negatif. %P 120 %T HUBUNGAN GAME ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67011/ %X Latar belakang penelitian ini adalah menguraikan pentingnya motivasi belajar Pendidikan agama islam dan penggunaan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan game online terhadap motivasi belajar siswa di MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur, Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa MA Wathoniyah Islamiyah yang aktif bermain game online. Hasil analisis data menunjukkan bahwa game online berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi (sig.=0,005). Artinya, semakin tinggi intensitas bermain game online, semakin rendah motivasi belajar siswa. Selain itu, pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di MA Wathoniyah Islamiyah tercatat sebesar 3,9%. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun pengaruhnya relatif kecil, game online tetap memiliki dampak yang nyata terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah dan orang tua lebih memperhatikan penggunaan game online oleh siswa dan mengarahkan mereka untuk lebih fokus pada kegiatan belajar. Selain itu, perlu adanya program-program yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga pengaruh negatif dari game online dapat diminimalisir. Dengan demikian, diharapkan motivasi belajar siswa dapat tetap terjaga dan prestasi akademik mereka dapat meningkat. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag, S.Psi, M.Si