relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67017/ title: PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOPAN SANTUN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI MADANIA KIDS MAGUWOHARJO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA creator: Sumiyati, NIM.: 17104030079 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Penelitian ini berfokus pada penggunaan metode bermain peran sebagai pendekatan yang efektif dalam mengajarkan sopan santun kepada anak-anak. Metode ini melibatkan anak dalam simulasi situasi nyata yang memungkinkan mereka untuk mempraktikkan sikap dan perilaku yang diharapkan. Melalui aktivitas bermain peran,anak-anak dapat belajar dari pengalaman langsung serta berinteraksi secara sosial yangdapat membantu mereka memahami konsekuensi dari tindakan mereka serta berlatih komunikasi dan interaksi yang sopan. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan metode bermain peran pada anak kelompok bermain di madania kids. apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peran sikap sopan santun pada anak kelompok bermain di madania kids. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan sikap sopan santun pada anak kelompok bermain di Madania Kids serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan sikap sopan santun pada anak kelompok bermain di Madania Kids. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan fokus pada anak kelompok bermain di Madania Kids Maguwoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan melibatkan informan sebanyak 3 orang guru dan 1 wali murid. Pengumpulan data diambil melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data diuji melalui trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam sikap sopan santun anak-anak, serta perkembangan dalam keterampilan bahasa, sosial, emosional, dan kognitif peserta didik/siswa. Faktor-faktor pendukung termasuk keterlibatan aktif guru, dukungan orang tua, dan lingkungan sekolah yang mendukung, sementara tantangan seperti kurangnya konsistensi di rumah memerlukan kerjasama yang lebih baik antara guru dan orang tua serta penyesuaian metode yang lebih fleksibel. Pelatihan untuk orang tua dan dukungan dari pihak sekolah sangat diperlukan untuk keberhasilan penerapan metode ini baik di sekolah maupun di rumah. Diharapkan dengan kerjasama antara guru, orang tua, dan sekolah, metode bermain peran dapat efektif dalam mengembangkan sikap sopan santun anak-anak. date: 2024-08-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67017/1/17104030079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67017/2/17104030079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Sumiyati, NIM.: 17104030079 (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOPAN SANTUN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI MADANIA KIDS MAGUWOHARJO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.