%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur’aini Risty Fauziah, NIM.: 18104020058 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:67025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Model Pembelajaran, CIRC, Scramble, Maharah Qira`ah %P 159 %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBANTU SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT AL KHAIRAAT YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67025/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan peseta didik mengenai pelajaran Bahasa Arab khususnya pada kemampuan maha>rah qira>`ah dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran dengan model ceramah. Untuk itu perlu adanya inovasi dalam model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berbantu scramble dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan maha>rah qira>`ah siswa antara sebelum dan sesudahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Al Khairaat Yogyakarta. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji analisis data penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dan uji normalized gain (N-Gain). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) Pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berbantu scramble dimaksudkan sebagai pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dikombinasikan dengan scramble. Proses pembelajaran dibagi menjadi lima tahapan yaitu orientasi, organisasi, pengenalan konsep, publikasi dan penguatan. Pada tahap orientasi, dilakukan apersepsi dan pemaparan tujuan pembelajaran. Pada tahap organisasi, pembagian kelompok diskusi dan penyampaian mekanisme diskusi. Pada tahap pengenalan konsep, siswa membaca teks qira>`ah secara bergiliran kemudian mendiskusikan makna serta menyusun teks menjadi berurutan. Selanjutnya, pada tahap publikasi, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Pada tahap penguatan, peserta didik diberikan latihan soal berdasarkan materi yang dipelajari. Penelitian diakhiri dengan posttest untuk melakukan pengujian data. 2) Terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan maha>rah qira>`ah siswa kelas VIII SMP IT Al Khairaat Yogyakarta setelah diimplementasikannya model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berbantu scramble. Berdasarkan analisis paired sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS diperoleh nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dengan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk mengukur selisih antara nilai pretest dan posttest dilakukan uji N-gain score. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan maha>rah qira>`ah siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berbantu scramble menempati taraf sedang yaitu dengan rata-rata sebesar 0.6578. %Z Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.