%0 Thesis %9 Skripsi %A Qoth’in Nasrillah, NIM.: 19104040008 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:67032 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kecemasan Matematika, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika %P 142 %T PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM MERDEKA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67032/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimanakah kecemasan matematika, kemandirian belajar, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan kurikulum merdeka; 2) Adakah hubungan timbal balik resiprokal antara kecemasan matematika dan kemandirian belajar; 3) Adakah pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 4) Adakah pengaruh langsung kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa; 5) Adakah pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kecemasan matematika; 6) Adakah pengaruh tidak langsung kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kemandirian belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode analisis SEM. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs N 1 Yogyakarta pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 170 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kecemasan matematika, dan skala kemandirian belajar. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis SEM, diperoleh bahwa: 1) Tingkat kecemasan matematika siswa termasuk dalam kategori sedang, tingkat kemandirian belajar siswa termasuk dalam kategori sedang, dan hasil belajar matematika siswa termasuk dalam kategori sedang; 2) Terdapat hubungan timbal balik yang bersifat negatif antara kecemasan matematika dan kemandirian belajar; 3) Kemandirian belajar memiliki pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar matematika; 4) Kecemasan matematika memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika; 5) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kecemasan matematika; dan 6) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kemandirian belajar %Z Pembimbing: Wed Giyarti, M.Si