relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67038/ title: INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 creator: Alfi Faroh Kamaliya, NIM.: 20104010049 subject: 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) description: Pendidikan di era modern seringkali dihadapkan pada tantangan moral. Pendidikan Agama Islam dan Pancasila memiliki hubungan yang erat dan saling melengkapi dalam membentuk karakter generasi muda. Integrasi nilai Pendidikan Agama Islam dalam program P5 melahirkan kesempatan untuk menanggapi tantangan ini dengan menanamkan nilai keIslaman yang inklusif. Melihat adanya relevansi visi, misi, dan tujuan sekolah dengan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila serta pemilihan tema P5 Bangunlah Jiwa dan Raganya dengan bentuk kegiatan gerak tari dan drama yang mengangkat tema Bullying yang memiliki keterkaitan dalam pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai PAI pada peserta didik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan integrasi nilai Pendidikan Agama Islam dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan beberapa pihak termasuk guru dan peserta didik, observasi di lingkungan sekolah dan dokumentasi untuk melengkapi data yang diperoleh terkait P5. Untuk teknik uji keabsahan data yakni menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tahun Pelajaran 2023/2024 SMA Negeri 2 Banguntapan Fase F sudah berjalan memasuki tahun kedua dengan mengambil 2 tema yakni Suara Demokrasi dan Bangunlah Jiwa dan Raganya. Kegiatan P5 yang diselenggarakan berjalan baik yang terdiri dari perencanaan hingga evaluasi. Keterlibatan Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, Koordinator Projek, Tim Fasilitator dalam terlaksananya P5 memiliki tujuan guna menumbuhkan karakter dan nilai-nilai Luhur Pancasila pada peserta didik khususnya pada kelas XI FD. 2) Integrasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam P5 sangat diupayakan, meskipun tema yang diangkat tidak terlalu mengarah pada nilai-nilai PAI. Namun secara umum, sudah terdapat nilai-nilai PAI yang diintegrasikan selama kegiatan pembelajaran P5 berlangsung yang meliputi nilai aqidah, ibadah, dan akhlak. date: 2024-08-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67038/1/20104010049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67038/2/20104010049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Alfi Faroh Kamaliya, NIM.: 20104010049 (2024) INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.