%0 Thesis %9 Skripsi %A M. Billah Jaya Nusantara, NIM.: 20104010031 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:67041 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Pembelajaran, Talking Stick, Pemahaman Materi, PAI BP %P 159 %T PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KANDAT 1 KEDIRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67041/ %X Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti secara konvensional di kelas IV SD Negeri Kandat 1 menyebabkan beberapa permasalahan. Permasalahan ini termanifestasi dalam suasana pembelajaran yang membosankan, partisipasi pasif mayoritas siswa, rendahnya tingkat pemahaman materi, dan ketidakmerataan pemahaman materi di antara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengaruh penerapan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari 36 siswa kelas IV SD Negeri Kandat 1 Kediri, yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV A (19 siswa) digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas IV B (17 siswa) digunakan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman materi dan lembar observasi penerapan metode pembelajaran talking stick. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif menggunakan diagram dan tabel, statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik berupa uji paired sample t-test dan independent sample t-test, serta uji N-gain score. Instrumen penelitian diuji kelayakannya dengan uji validitas isi menggunakan expert judgement, uji validitas butir soal menggunakan rumus korelasi poin biserial, dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas IV. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil uji paired sample t-test (t = -5.867; df = 16; p = 0.000 < 0.05) dan hasil uji independent sample t-test (t = 2.625; df = 34; p = 0.013 < 0.05). Pengaruh yang diberikan oleh metode pembelajaran talking stick berasal dari 2 unsur utama, yaitu unsur diskusi dan unsur permainan. Selain itu, nilai N-gain score yang diperoleh dalam kelas eksperimen sebesar 0.57, menunjukkan terjadi peningkatan yang cukup baik dalam pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas IV B. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. %Z Pembimbing: Drs. H. Nur Munajat, M.Si.