eprintid: 67042 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/70/42 datestamp: 2024-09-17 07:44:46 lastmod: 2024-09-17 07:44:46 status_changed: 2024-09-17 07:44:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fatma Nurhayati, NIM.: 20104010043 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif, TGT, Hasil Belajar, PAIBP note: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. abstract: Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP, yang mana kondisi saat ini masih banyak hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Sebagai pendidik, guru dituntut untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswanya yang mana salah satu caranya dengan memilih model pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar PAIBP siswa dan menganalisis besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain pretest and posttest with nonequivalent control group design. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Banguntapan tahun ajaran 2023/ 2024 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik mann whitney u test dan perhitungan indeks gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar PAIBP siswa (U = 387,500; dengan P = 0,038; P < 0,05). Hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol, dimana selisih peningkatan rata-rata 5,85. (2) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar adalah g = 0,043 dan termasuk kategori sedang. date: 2024-08-19 date_type: published pages: 182 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fatma Nurhayati, NIM.: 20104010043 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67042/1/20104010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67042/2/20104010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf