%0 Thesis %9 Skripsi %A Maulida Yuniyanti, NIM.: 20104010075 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:67045 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Video Interaktif, Edpuzzle, Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran %P 149 %T PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF HAJI BERBASIS EDPUZZLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67045/ %X Keterkaitan teknologi dalam dunia pendidikan sudah menjadi kebutuhan mutlak yang harus dimanfaatkan. Guru harus mampu menciptakan media pembelajaran yang berbasis digital. Edpuzzle merupakan salah satuu platform digital yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Guru PAI Kelas V SD Negeri 2 Sumberejo sudah melakukan upaya menggunakan media pembelajaran, namun belum pernah menggunakan edpuzzle sebagai media pembelajaran PAI. Penelitian ini berfungsi untuk (1) Mengembangkan media video interaktif haji berbasis edpuzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD. (2) Mengetahui kelayakan media video interaktif haji berbasis edpuzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Sumberejo, guru Pendidikan Agama Islam kelas V Sekolah Dasar, ahli media, dan ahli materi. Data diambil menggunakan angket dengan teknik analisis kuanitatif (persentase) dan kualitatif (reduksi, display data, dan verifikasi atau kesimpulan). Pengujian keabsahan data menggunakan teknik Forum Grup Diskusi (FGD). Media pembelajaran yang digunakan adalah edpuzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD materi ibdah haji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media video interaktif haji berbasis edpuzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. (2) Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 89,4% dengan kategori sangat layak, validasi ahli materi oleh guru memperoleh persentase 89,2% dan ahli materi oleh dosen memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak, uji coba terbatas oleh 3 guru memperoleh persentase 94% dengan kategori sangat layak, uji coba luas oleh 6 guru memperoleh persentase 93% dengan kategori sangat layak, respon peserta didik memperoleh persentase 88% termasuk dalam kategori positif. Dapat disimpulkan bahwa media video interaktif haji berbasis edpuzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD yang dikembangkan layak dan positif atau dapat diterima untuk kelas V SD Negeri 2 Sumberejo. %Z Pembimbing: Dr. Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd.