@phdthesis{digilib67046, month = {August}, title = {PENGARUH METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V DI MI NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104010077 Zahra Firdausa}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.}, keywords = {Hasil Belajar, Active Knowledge Sharing, Sejarah Kebudayaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67046/}, abstract = {Rendahnya hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman menjadi pokok permasalahan yang melatarbelakangi adanya penelitian ini. Berdasarkan data Ujian Akhir Semester Gasal pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, hampir 50\% jumlah siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut dikarenakan penggunaan metode yang kurang tepat, seperti hanya mengandalkan ceramah tanpa adanya variasi metode lain. Metode seperti itu membuat siswa menjadi pasif dan mengantuk. Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang sering dianggap membosankan memerlukan metode yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternatif metode yang dapat diterapkan oleh guru adalah Active Knowledge Sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman serta untuk mengetahui berapa besar pengaruhnya. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only design with nonequivalent group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VB MI Negeri 1 sleman yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif menggunakan tabel dan grafik histogram serta statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-Test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan metode Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman (t = 3,485; df = 58; p = 0,001 {\ensuremath{<}} 0,05). Hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan metode Active Knowledge Sharing lebih tinggi daripada hasil belajar kelas kontrol. Dengan demikian, dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Besar pengaruh metode Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman sebesar 0,416 atau 41,6\%.} }