eprintid: 67046
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12460
dir: disk0/00/06/70/46
datestamp: 2024-09-18 01:29:06
lastmod: 2024-09-18 01:29:06
status_changed: 2024-09-18 01:29:06
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id
creators_name: Zahra Firdausa, NIM.: 20104010077
title: PENGARUH METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V DI MI NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024
ispublished: pub
subjects: 371.36
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Hasil Belajar, Active Knowledge Sharing, Sejarah Kebudayaan
note: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
abstract: Rendahnya hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman menjadi pokok permasalahan yang melatarbelakangi adanya penelitian ini. Berdasarkan data Ujian Akhir Semester Gasal pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, hampir 50% jumlah siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut dikarenakan penggunaan metode yang kurang tepat, seperti hanya mengandalkan ceramah tanpa adanya variasi metode lain. Metode seperti itu membuat siswa menjadi pasif dan mengantuk. Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang sering dianggap membosankan memerlukan metode yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternatif metode yang dapat diterapkan oleh guru adalah Active Knowledge Sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman serta untuk mengetahui berapa besar pengaruhnya.
Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only design with nonequivalent group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VB MI Negeri 1 sleman yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif menggunakan tabel dan grafik histogram serta statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-Test dan effect size.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan metode Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman (t = 3,485; df = 58; p = 0,001 < 0,05). Hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan metode Active Knowledge Sharing lebih tinggi daripada hasil belajar kelas kontrol. Dengan demikian, dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Besar pengaruh metode Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MI Negeri 1 Sleman sebesar 0,416 atau 41,6%.
date: 2024-08-08
date_type: published
pages: 190
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Zahra Firdausa, NIM.: 20104010077  (2024) PENGARUH METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V DI MI NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67046/1/20104010077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67046/2/20104010077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf