eprintid: 67049 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/70/49 datestamp: 2024-09-18 01:35:11 lastmod: 2024-09-18 01:35:11 status_changed: 2024-09-18 01:35:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Abdullah Azzam, NIM.: 20104010106 title: HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN IMTAQ DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI DI SMAN 7 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Keaktifan Siswa, Kegiatan Imtaq, Kecerdasan Spiritual note: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, M.A. abstract: Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang untuk memahami makna hidup yang lebih dalam, menghubungkan diri dengan sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri, serta memiliki nilai-nilai dan keyakinan yang kuat untuk memandu hidupnya. Salah satu cara untuk mengembangkan kecerdasan spiritual adalah dengan mempelajari serta melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat spiritual yaitu salah satunya dengan kegiatan Imtaq. Kegiatan Imtaq yaitu siswa membaca, mendengarkan, atau menyimak bacaan Al-qur’an, bacaan hadist dan terjemahnya di setiap pembelajaran akan dimulai. Namun pada kenyataannya ada beberapa siswa yang terlambat datang ketika kegiatan Imtaq dan kurang aktif mengikuti kegiatan Imtaq. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat keaktifan mengikuti kegiatan Imtaq. (2) medeskripsikan tingkat kecerdasan spiritual. (3) menguji secara empiris hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan Imtaq dengan kecerdasan spiritual. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 7 Yogyakarta berupa kelas XI 1 dan XI 4 dengan teknik cluster random sampling yang diambil berjumlah 59 siswa. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yaitu skala keaktifan mengikuti kegiatan Imtaq dan kecerdasan spiritual sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan analisis deskriptif. Penulis melakukan uji coba instrument berupa validitas menggunakan Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach’. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keaktifan mengikuti kegiatan Imtaq siswa kelas XI SMAN 7 Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi (N = 50, Mean = 117,54, Std. Deviation = 14,329). (2) kecerdasan spiritual siswa kelas XI SMAN 7 Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi (N = 50, Mean = 117,54, Std. Deviation = 14,329). (3) ada hubungan positif yang signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan Imtaq dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XI SMAN 7 Yogyakarta, artinya semakin tinggi tingkat keaktifan mengikuti kegiatan Imtaq maka tingkat kecerdasan spiritualnya semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. (rxy = 0,673, p (1-tailed) = 0,000 < 0,05). date: 2024-08-05 date_type: published pages: 112 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Abdullah Azzam, NIM.: 20104010106 (2024) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN IMTAQ DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI DI SMAN 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67049/1/20104010106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67049/2/20104010106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf