%0 Thesis %9 Skripsi %A Dewi Nur Azizah, NIM.: 20104020039 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:67051 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Small Group Discussion, Strategi Pembelajaran, Keterampilan Berbicara %P 130 %T FA’ALIYAH TATBIQ ISTIRATIJIYYAH AL MUNAQASHAH AL JAMA’IYYAH AL SAGHIRAH (SGD) FI TA’LIM MAHARAH AL KALAM LADA TULAB AL SAF AL THANI ‘ASHR BI MADRASAH MA’ARIF AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH SIBUJU FI AL ‘AM AL DIRASI 2024/2025 : Dirasah Tajribiyyah %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67051/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektifitas Strategi Small Group Discussion pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 12 Madrasah Aliyah Ma’arif Cepogo. 2) Mengetahui kelebihan dan Kekurangan strategi Small Group Discussion pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 12 Madrasah Aliyah Ma’arif Cepogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan dua kelas yang mana terbagi menjadi kelas control dan kelas eksperimen. Dimana kelas eksperimen akan diberikan treatment menggunakan strategi Small Group Discussion yang kemudian hasilnya akan dibandingkan dengan kelas kelas kontrol untuk melihat perbedaannya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS, yakni uji Prasyarat dan uji independet sample t-test. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,011 (< 0,05), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga diketahui bahwa strategi Small Group Discussion efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab. Kelebihan dari strategi Small Group Discussion yaitu: 1) Siswa aktif dalam diskusi. 2) Melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain. 3) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan percaya diri. 4) Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan siswa. Adapun kekurangan dari strategi Small Group Discussion yaitu: 1) Memerlukan banyak waktu. 2) Menimbulkan ketergantungan pada kelompok. 3) Menimbulkan dominasi antar kelompok dalam mengungkapkan ide ataupun gagasannya. Dengan begitu seorang guru hendaknya memperhatikan hal-hal teknis seperti pembagian waktu dan kelompok siswa %Z Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag