eprintid: 67051 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/70/51 datestamp: 2024-09-18 01:43:14 lastmod: 2024-10-25 06:27:03 status_changed: 2024-09-18 01:43:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Dewi Nur Azizah, NIM.: 20104020039 title: FA’ALIYAH TATBIQ ISTIRATIJIYYAH AL MUNAQASHAH AL JAMA’IYYAH AL SAGHIRAH (SGD) FI TA’LIM MAHARAH AL KALAM LADA TULAB AL SAF AL THANI ‘ASHR BI MADRASAH MA’ARIF AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH SIBUJU FI AL ‘AM AL DIRASI 2024/2025 : Dirasah Tajribiyyah ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Small Group Discussion, Strategi Pembelajaran, Keterampilan Berbicara note: Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektifitas Strategi Small Group Discussion pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 12 Madrasah Aliyah Ma’arif Cepogo. 2) Mengetahui kelebihan dan Kekurangan strategi Small Group Discussion pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 12 Madrasah Aliyah Ma’arif Cepogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan dua kelas yang mana terbagi menjadi kelas control dan kelas eksperimen. Dimana kelas eksperimen akan diberikan treatment menggunakan strategi Small Group Discussion yang kemudian hasilnya akan dibandingkan dengan kelas kelas kontrol untuk melihat perbedaannya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS, yakni uji Prasyarat dan uji independet sample t-test. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,011 (< 0,05), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga diketahui bahwa strategi Small Group Discussion efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab. Kelebihan dari strategi Small Group Discussion yaitu: 1) Siswa aktif dalam diskusi. 2) Melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain. 3) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan percaya diri. 4) Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan siswa. Adapun kekurangan dari strategi Small Group Discussion yaitu: 1) Memerlukan banyak waktu. 2) Menimbulkan ketergantungan pada kelompok. 3) Menimbulkan dominasi antar kelompok dalam mengungkapkan ide ataupun gagasannya. Dengan begitu seorang guru hendaknya memperhatikan hal-hal teknis seperti pembagian waktu dan kelompok siswa date: 2024-08-16 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dewi Nur Azizah, NIM.: 20104020039 (2024) FA’ALIYAH TATBIQ ISTIRATIJIYYAH AL MUNAQASHAH AL JAMA’IYYAH AL SAGHIRAH (SGD) FI TA’LIM MAHARAH AL KALAM LADA TULAB AL SAF AL THANI ‘ASHR BI MADRASAH MA’ARIF AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH SIBUJU FI AL ‘AM AL DIRASI 2024/2025 : Dirasah Tajribiyyah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67051/1/20104020039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67051/2/20104020039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf