eprintid: 67051
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 12460
dir: disk0/00/06/70/51
datestamp: 2024-09-18 01:43:14
lastmod: 2024-10-25 06:27:03
status_changed: 2024-09-18 01:43:14
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id
creators_name: Dewi Nur Azizah, NIM.: 20104020039
title: FA’ALIYAH TATBIQ ISTIRATIJIYYAH AL MUNAQASHAH AL JAMA’IYYAH AL SAGHIRAH (SGD) FI TA’LIM MAHARAH AL KALAM LADA TULAB AL SAF AL THANI ‘ASHR BI MADRASAH MA’ARIF AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH SIBUJU FI AL ‘AM AL DIRASI 2024/2025 : Dirasah Tajribiyyah
ispublished: pub
subjects: 371.36
divisions: jur_pba
full_text_status: restricted
keywords: Small Group Discussion, Strategi Pembelajaran, Keterampilan Berbicara
note: Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektifitas Strategi Small
Group Discussion pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 12 Madrasah Aliyah
Ma’arif Cepogo. 2) Mengetahui kelebihan dan Kekurangan strategi Small Group
Discussion pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 12 Madrasah Aliyah Ma’arif
Cepogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif,
sedangkan jenis penelitannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data
menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian
menggunakan dua kelas yang mana terbagi menjadi kelas control dan kelas
eksperimen. Dimana kelas eksperimen akan diberikan treatment menggunakan
strategi Small Group Discussion yang kemudian hasilnya akan dibandingkan
dengan kelas kelas kontrol untuk melihat perbedaannya. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS, yakni uji Prasyarat dan
uji independet sample t-test.
Berdasarkan hasil uji independent sample t-test nilai Sig. (2-tailed) sebesar
0,011 (< 0,05), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga diketahui bahwa
strategi Small Group Discussion efektif dalam meningkatkan keterampilan
berbicara Bahasa Arab. Kelebihan dari strategi Small Group Discussion yaitu: 1)
Siswa aktif dalam diskusi. 2) Melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain.
3) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan percaya diri. 4) Mengembangkan
pengetahuan dan kemampuan siswa. Adapun kekurangan dari strategi Small Group
Discussion yaitu: 1) Memerlukan banyak waktu. 2) Menimbulkan ketergantungan
pada kelompok. 3) Menimbulkan dominasi antar kelompok dalam mengungkapkan ide ataupun gagasannya. Dengan begitu seorang guru hendaknya memperhatikan
hal-hal teknis seperti pembagian waktu dan kelompok siswa
date: 2024-08-16
date_type: published
pages: 130
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Dewi Nur Azizah, NIM.: 20104020039  (2024) FA’ALIYAH TATBIQ ISTIRATIJIYYAH AL MUNAQASHAH AL JAMA’IYYAH AL SAGHIRAH (SGD) FI TA’LIM MAHARAH AL KALAM LADA TULAB AL SAF AL THANI ‘ASHR BI MADRASAH MA’ARIF AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH SIBUJU FI AL ‘AM AL DIRASI 2024/2025 : Dirasah Tajribiyyah.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67051/1/20104020039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67051/2/20104020039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf