eprintid: 67065 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/70/65 datestamp: 2024-09-18 07:09:02 lastmod: 2024-09-18 07:09:02 status_changed: 2024-09-18 07:09:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Syifa Maharani Priharvian, NIM.: 20104040036 title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS CIVIL SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Problem Based Learning, Civil Society, Kemampuan Berpikir Komputasional note: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berkonteks civil society terhadap kemampuan berpikir komputasional serta besar pengaruh model Problem Based Learning berkonteks civil society terhadap kemampuan berpikir komputasional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berkonteks civil society dan satu variabel terikat berupa kemampuan berpikir komputasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 3 Bantul dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga kelas X D dan X F mewakili populasi penelitian. Kelas X D sebagai kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning berkonteks civil society. Kelas X F sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest dan posttest serta catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dan effect size. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif dan adanya efek sedang dari model Problem Based Learning berkonteks civil society terhadap kemampuan berpikir komputasional. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya perbedaan rata-rata pada nilai pretest kelas eksperimen dan kontrol serta rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen signifikan lebih besar dibandingkan kelas kontrol. date: 2024-08-07 date_type: published pages: 307 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Syifa Maharani Priharvian, NIM.: 20104040036 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS CIVIL SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67065/1/20104040036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67065/2/20104040036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf