eprintid: 67083 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/70/83 datestamp: 2024-09-19 01:40:22 lastmod: 2024-09-19 01:40:22 status_changed: 2024-09-19 01:40:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Kholidina Putri, NIM.: 20104080003 title: IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Metode Ummi, Membaca Al-Qur’an, Siswa Kelas note: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag. abstract: Metode Ummi memiliki peranan yang sangat penting keterlaksanaannya pembelajaran Al-Qur’an yang ada di SD Muhammadiyah Karangkajen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan penerapan metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan Ummi di kelas I yang berjalan sejak tahun 2023, penelitian ini menjelaskan hasil penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas I, serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode Ummi di SD Muhammadiyah Karangkajen 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I C SD Muhammadiyah Karangkajen 1 Yogyakarta yang berjumlah 26 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 1 dilakukan dengan melatih siswa untuk pengenalan huruf hijaiyah, melatih cara membunyikan huruf hijaiyah, melatih cara membaca suku kata dengan baik, melatih cara membaca kalimat dan melatih cara hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi. Penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Ummi sudah sesuai prosedur. Metode penyampaian membaca Al-Qur’an dengan metode Ummi menggunakan teknik klasikal baca simak, pembelajaran Ummi terdiri dari 7 tahapan yang sesuai dengan prosedur Ummi Foundation. Faktor pendukung penerapan metode Ummi di SD Karangkajen 1 meliputi penggunaaan alat peraga dan guru yang sudah bersertifikasi yang telah menjalani pelatihan di Ummi DIY. Faktor pengehambatnya adalah keterbatasan fasilitas ruangan dan kesulitan yang dihadapi oleh beberapa siswa. Setelah metode Ummi diterapkan, kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas I meningkat, terlihat dari bacaan yang lebih tartil dan bertambahnya hafalan ayat-ayat Al-Qur’an siswa date: 2024-07-24 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kholidina Putri, NIM.: 20104080003 (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67083/1/20104080003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67083/2/20104080003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf