eprintid: 67084 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/70/84 datestamp: 2024-09-19 01:43:28 lastmod: 2024-09-19 01:43:28 status_changed: 2024-09-19 01:43:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Mahmudatur Rosdiana, NIM.: 20104080005 title: IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG SISWA KELAS IV DI SDN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub subjects: 375 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong, Kurikulum Merdeka note: Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, S.Pd. M.Pd. abstract: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian dari kurikulum merdeka yang menitikberatkan pada pembelajaran berbasis projek. Ada enam dimensi dari profil pelajar Pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif. Penelitian ini berfokus pada satu aspek yakni gotong royong. Di SDN Jurugentong khususnya pada kelas IV masih terdapat siswa yang belum paham betul akan kewajiban bergotong royong di lingkungan sekolah. Guru harus memberikan pengetahuan serta contoh langsung supaya siswa tersebut bisa memahami akan kewajiban bergotong royong dalam lingkungan maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam mengembangkan semangat gotong royong siswa kelas IV di SDN Jurugentong Banguntapan Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh dengan cara menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap bulan Februari-Maret 2024 Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi kegiatan P5 dibagi menjadi lima kegiatan pertama; tahap assesmen diagnostik untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dari kegiatan kewirausahaan yang dilakukan selama projek berlangsung. Kedua; tahap pengenalan pada tahap ini siswa dikenalkan pengetahuan dasar tentang kewirausahaan, dari konsep, jenis-jenis dan lain sebagainya. Ketiga; tahap kontekstualisasi guru membentuk siswa kedalam 4 kelompok yang terdiri dari 7-8 orang. Setiap kelompok diajarkan untuk melakukan pengamatan kepada pelaku usaha yang ada di sekitar lingkungan sekolah, serta merancang ide wirausaha yang akan dijual pada kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Keempat; tahap aksi dalam tahap ini kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dengan tema kewirausahaan (market day) setiap kelompok menjual dagangannya di halaman depan sekolah. Kelima; tahap refleksi guru memberikan tugas untuk menceritakan pengalaman selama kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dari awal hingga akhir. date: 2024-08-15 date_type: published pages: 140 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mahmudatur Rosdiana, NIM.: 20104080005 (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG SISWA KELAS IV DI SDN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67084/1/20104080005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67084/2/20104080005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf