@phdthesis{digilib67098, month = {August}, title = {PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19102020042 Rachma Fadhila Usman}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.}, keywords = {Layanan Bimbingan Belajar; Kemandirian Belajar; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67098/}, abstract = {Yogyakarta dikenal sebagai ?Kota Pelajar? oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan prestasi belajar yang diperoleh siswa terus meningkat sehingga membuktikan bahwa Yogyakarta memiliki lingkungan belajar yang mendukung. Walaupun demikian bahwa peningkatan prestasi belajar di Yogyakarta nyatanya tidak menggambarkan prestasi belajar di Indonesia. Kesenjangan ini perlu lebih diperhatikan dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Variabel independen penelitian adalah layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi. Sedangkan, variabel dependen penelitian adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 201 siswa. Adapun sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui skala dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Sumbangan layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 93,7\%. Sedangkan 6,3\% lainnya berasal dari sumbangan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.} }