TY - THES N1 - Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si. ID - digilib67100 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67100/ A1 - Muhammad Abdi Arsyahya, NIM.: 20102020008 Y1 - 2024/07/26/ N2 - Self-leadership adalah proses mempengaruhi diri sendiri untuk membangun pengarahan diri dan motivasi diri, terutama untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang penting. Dalam self-leadership ini melalui pengolahan pola pikir dan perasaan individu mampu untuk mempengaruhi diri mereka sendiri sehingga individu dapat mengikuti apa yang ada didalam diriya untuk mencapai suatu tujuan dan bertanggung jawab atas tujuannya. Jadi individu tidak menggantungkan orang lain untuk mengarahkan dirinya sendiri. Kemampuan individu untuk dapat mengarahkan dirinya sendiri tersebut terlihat sejak anak dapat mulai berpikir secara logis dan masuk akal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru BK, wakil kepala bagian kesiswaan dan lima siswa peserta bimbingan kelompok siswa kelas IX MAN 3 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-leadership siswa kelas XI MAN 3 Bantul. Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif field research yang analisis datanya dijelaskan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-leadership siswa kelas XI MAN 3 Bantul menunjukan bahwa tahap bimbingan kelompok terdapat empat tahap. Yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan (pelaksanaan) dan tahap pengakhiran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - group guidance; self-leadership; students of class IX M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP SISWA KELAS XI MAN 3 BANTUL AV - restricted EP - 130 ER -