TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Rifa?I, M.A ID - digilib67129 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67129/ A1 - Rofi Nuraulia Rahma, NIM.: 20102020063 Y1 - 2024/05/22/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi tingkat membolos siswa di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman yang cukup tinggi. Baik membolos saat jam pelajaran ataupun membolos sekolah seharian. Dalam hal ini kesadaran siswa akan tanggung jawab sekolahnya masih kurang. Apabila hal ini dilakukan terus menerus maka dampak negatif dapat timbul terhadap siswa yang sering membolos salah satunya tirtinggal materi pelajaran sampai tidak naik kelas karena ketidaktuntasan nilai belajar. Untuk itu perlu adanya peran guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan konseling individu kepada siswa yang membolos Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, menganalisa, pelaksanaan konseling individu dalam menangani siswa kelas X yang membolos di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman DI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat lima pelaksanaan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman DI Yogyakarta dalam menangani siswa kelas X yang membolos yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut, laporan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Konseling Individu; Siswa; Membolos M1 - skripsi TI - KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI SISWA KELAS X YANG MEMBOLOS DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN AV - restricted EP - 154 ER -