%A NIM.: 20102010056 Achmad Dimyati %O Pembimbing: Muhmammad Diak Udin, M.Sos. %T PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @gusmuschannel TERHADAP PERILAKU BERAGAMA FOLLOWERSNYA %X Instagram adalah media sosial dengan sistem pengolahan foto dan video serta perolehan informasi yang lebih praktis. Kini instagram dimanfatkan oleh penggunanya untuk berbisnis, sarana pendidikan, media hiburan, bahkan instagram kini digunakan untuk media berdakwah. Banyak para pelaku dakwah yang memaanfaatkan instagram sebagai media untuk menyebarkan ajaran agama islam. Sebagai contoh, salah satu tokoh agama islam yang juga memanfaatkan instagram sebagai media dakwah yakni K.H Ahmad Mustofa Bisri atau lebih dikenal dengan Gus Mus dengan akun intagram @gusmuschannel. Ahmad Mustofa Bisri atau biasa dikenal dengan Gus Mus menjadi salah satu tokoh yang diyakini masyarakat dan berpengaruh dalam menyebarkan ajaran beragama. Disisi lain, dakwah melalui media sosial yang dilakukan oleh akun instagram @gusmuschannel memiliki dinamika tersendiri tentang bagaimana pengguna instagram khususnya para followersnya dengan perilaku beragama dan apakah meraka merasa bahwa konten yang dimuat di akun instagram @gusmuschannel tersebut dapat mempengaruhi perilaku beragama mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana intensitas mengakses akun instagram @gusmuschannel dan perilaku beragama followersnya, serta apakah terdapat pengaruh antara dua variabel tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis survei melalui kuesioner yang disebarkan dengan format Google Forms. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, dan dengan metode Probabilitas Sampling, dan diperoleh responden sebanyak 100 responden. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori SOR dan terori jarum hipodermik. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa intensitas mengakses akun instagram @gusmuschannel berada dalam kategori sedang, yakni dengan jumlah 67 responden, dan untuk hasil dari perilaku beragama berada dalam kategori baik dengan jumlah 52 responden. Sementara untuk hasil pengaruh intensitas mengakases akun instagram @gusmuschannel terhadap perilaku beragama followersnya. Nilai korelasi (R) sebesar 0,519 , dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,269, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh intensitas mengakases terhadap perilaku beragama adalah sebesar 26,9%. Dimana nilai tersebut dalam kategori rendah. %K accessing intensity; religious behavior; Instagram %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib67160