%0 Thesis %9 Skripsi %A M. Rifai, NIM.: 01390865 %B FAKULTAS SYARI'AH %D 2008 %F digilib:67182 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Zakat, Strategi Pengelolaan Zakat, Keputusan Muzakki, Model CARTER %P 136 %T PENGARUH STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT TERHADAP KEPUASAN MUZAKI (STUDI KASUS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT LNFAK DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA RANTING WARUNGBOTO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67182/ %X Adanya kebebasan dalam pembentukan dan pengelolaan organisasi pengelola zakat, memungkinkan masyarakat banyak memmpunyai pilihan dalam menyalurkan zakat ke organisasi-organisasi pengelola zakat yang diyakini memiliki kemampuan dan kapabilitas dalam mengelola zakat. Tingkat keyakinan masyarakat terhadap organisasi pengelola zakat, tentunya didasarkan pada kualitas jasa yang diberikan organisasi tersebut. Kualitas jasa yang diterima masyarakat pengguna jasa amil zakat, tergantung pada strategi pengelolaan pada organisasi pengelola zakat bersangkutan. Strategi pengelolaan yang dimaksud adalah upaya pengelola dalam upaya menciptakan nilai-nilai yang dapat memenuhi keinginan para pengguna jasa (Muzakki). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan zakat yag dilakukan LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta Ranting Warungboto dalam memenuhl kepuasan muzakki dalam operasionalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penilaian kepuasan Muzakki dengan metode CARTER (Compliance fully with Islamic law and principles, Assurance, Reliability, Tangibles, Emphaty, and Responsiveness). Data yang digunakan diperoleh dari angket yang diberikan kepada Muzakki dan wawancara dengan pihak Manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAZIS Muhammadiyah Ranting Warungboto menggunakan strategi pemasaran jasa penyaluran zakat, dengan menggunakan pendekatan interpersonal, dan penyadaran masyarakat terhadap pelaksanaan zakat di pengajian-pengajian, serta penyaluran zakat yang dilakukan secara transparansi dalam setiap operasional penggunaan dana zakat. Hasil uji analisis faktor terhadap kecukupan seluruh item mencapai Lebih dari 0.50, yang menunjukkan item/faktor pertanyaan dalam angket dapat digunakan dalam analisis faktor, dan hanya satu item yang memiliki nilai di bawah 0.05. Hasil tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa 19 (sembilan belas) item pertanyaan yang mewakili 6 (enam) dimensi pengukur kualitas layanan, dan hanya satu item pertanyaan yang tidak dapat digunakan sebagai pengukur. Strategi pengelolaan zakat pada LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta ranting Warungboto, berpengaruh terhadap kepuasan muzakki berdasarkan nilai skor tingkat kepuasan Muzakki metode CARTER, sebesar 87,2%, dan signifikan berdasarkan nilai t hitung koefisien strategi sebesar 14.966, dengan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari nilai a 0.05. %Z Pembimbing: Misnen Ardiansyah, SE., M.Si dan H. Wawan Gunawan, S.Ag., M.Ag.