TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si. ID - digilib67211 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67211/ A1 - Muhamad Alif Maulana, NIM.: 22200011019 Y1 - 2024/06/19/ N2 - Perilaku vandalisme di kalangan siswa sekolah menengah menjadi permasalahan yang perlu ditangani secara serius. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik reframing berbasis Islam dalam mereduksi perilaku vandalisme pada siswa kelas VII MTs Negeri 3 Sragen. Metode yang digunakan adalah studi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group. Sampel terdiri dari 24 siswa yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat perilaku vandalisme pada hasil pre-test yang kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa intervensi teknik reframing berbasis Islam, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan apapun. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku vandalisme yang sebelumnya telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji beda dan penghitungan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan signifikan pada skor perilaku vandalisme pada kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi dengan teknik reframing berbasis Islam, sementara itu tidak terdapat perubahan yang signifikan pada kelompok kontrol. Nilai rata-rata yang didapatkan dari pengukuran N-Gain Score pada penelitian ini adalah 57,37 yang termasuk pada kategori ?Cukup Efektif?. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik reframing berbasis Islam cukup efektif dalam mereduksi perilaku vandalisme pada siswa MTs Negeri 3 Sragen. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Reframing Berbasis Islam; vandalisme; pre-test; post-test M1 - masters TI - EFEKTIVITAS TEKNIK REFRAMING BERBASIS ISLAM UNTUK MEREDUKSI PERILAKU VANDALISME SISWA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Sragen AV - restricted EP - 191 ER -