%0 Thesis %9 Skripsi %A Ristia Ning Astuti, NIM.: 02450995 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH %D 2007 %F digilib:67221 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Analisis Buku, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning), Pendiidkan Biologi %P 120 %T ANALAISIS BUKU PELAJAR BIOLOGI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN MADRASAH ALIYAH NEGERI BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67221/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah komponen CTL dan mengetahui besamya masing-masing komponen CTL yang diterapkan dalam buku pelajaran biologi SMA kelas X yang banyak digunakan oleh SMA dan MAN di Kotamadya Y ogyakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis deskriptif isi (content analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah buku pelajaran biologi kelas X, untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang digunakan di kotamadya Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan syarat buku yang banyak/sering digunakan dalam proses belajar mengajar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 2 buku yaitu: buku pelajaran Biologi Untuk SMA Kelas X terbitan Erlangga, tahun 2004, yang ditulis oleh Istamar Syamsuri dkk, dan buku pelajaran Biologi Sains Dalam Kehidupan Kelas X terbitan Yudhistira, tahun 2004 yang ditulis oleh Bagod Sudjadi dan Siti Laila. Sampel bab atau bahasan yang diteliti dalam penelitian ini terdiri dari 3 materi pokok yaitu materi pokok animalia, ekosistem, dan bioteknologi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: kedua buku telah menerapkan pendekatan kontekstual walaupun belum sempuma, dengan persentase secara berurutan dari persentase yang lebih tinggi ke yang lebih rendah, adalah sebagai berikut: 1. Buku terbitan Erlangga:. Bertanya (Questioning) sebanyak 28,43%, Pemodelan (Modeling) sebanyak 21,89%, Penilaian Sebenamya (Authentic Assessment) sebanyak 14,99%, Konstruktivisme (Konstruktivism) sebanyak 14,44%, Menemukan (Inquiry) sebanyak 8,45%, Refleksi (Reflection) sebanyak 7,63%, Masyarakat belajar (Learning Community) sebanyak 4,18%, dan 2. Buku terbitan Yudbistira: Pemodelan (Modeling) sebanyak 35,32%, Bertanya (Questioning) sebanyak 25,43%, Konstruktivisme (Construktivism) sebanyak 15,02%, Penilaian Sebenamya (Authentic Assessment) sebanyak 9,56%, Menemukan (Inquiry) sebanyak 6,14%, Refleksi (Reflection) sebanyak 5,80%, Masyarakat Belajar (Learning Community) sebanyak 2,73%. %Z Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd