TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Satino, M.Si ID - digilib67222 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67222/ A1 - Khamidah Aryani, NIM.: 02451074 Y1 - 2008/05/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar sains siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008 melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran; 2) Aktivitas dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung; 3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran sains dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008. Data yang dikumpulkan meliputi nilai pretest dan posttest yang diperoleh siswa pada setiap siklus, data aktivitas dan partisipasi siswa yang diamati di halaman sekolah serta dalam diskusi kelompok di kelas, serta data tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan memaparkan frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar sains siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008 melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran. Aktivitas dan partisipasi siswa juga tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008 memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran sains dengan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Materi Lingkungan KW - Media Pembelajaran KW - Hasil Belajar Sains KW - PTK. M1 - skripsi TI - PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI AV - restricted EP - 114 ER -