%0 Thesis %9 Skripsi %A Tri Fitri Antoro, NIM.: 02451351 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH %D 2006 %F digilib:67223 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Quantum Teaching, Pembelajaran Sains, Metode Pembelajaran %P 80 %T EFEKTIFITAS PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PROSES HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS VI SEMESTER 1 SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67223/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana proses belajar siswa saat pembelajaran menggunakan *Quantum Teaching* berlangsung, dan (2) mengetahui efektivitas penerapan *Quantum Teaching* terhadap hasil belajar Sains pada materi makhluk hidup, submateri perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, di kelas VI semester I SD Muhammadiyah Bantul Kota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Muhammadiyah Bantul Kota tahun ajaran 2006/2007. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIA sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VIB sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode *Cluster Sampling*. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu divalidasi untuk memastikan kesahihan dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial, menggunakan uji t. Uji prasyarat yang digunakan meliputi: (1) uji normalitas yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dan (2) uji homogenitas yang menunjukkan bahwa sampel homogen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa selama pembelajaran dengan menggunakan strategi *Quantum Teaching* efektif mendorong siswa untuk belajar secara ilmiah, bekerja sama, dan bertanggung jawab melalui diskusi yang menyenangkan; (2) pembelajaran dengan menggunakan strategi *Quantum Teaching* pada materi makhluk hidup, submateri perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, lebih signifikan dan efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (kelompok kontrol) pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah Bantul Kota tahun ajaran 2006/2007. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji t yang diperoleh sebesar 5,681 dengan Sig. (p) = 0,000 < α = 0,05, serta rata-rata peningkatan hasil post-test terhadap pre-test pada kelas eksperimen yaitu 4,52, lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya 2,65. %Z Pembimbing: Drs. Paidi., M.Si.