eprintid: 67292 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/72/92 datestamp: 2024-09-27 05:36:34 lastmod: 2024-10-01 07:52:57 status_changed: 2024-09-27 05:36:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ichsan, NIM.: 22206051022 title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENGGUNAAN APLIKASI PESAN INSTAN ispublished: pub subjects: 004. divisions: jur_tinf full_text_status: restricted keywords: Mobile Instant Messaging (MIM); Apliksi Pesan Instan; WhatsApp (WA); Referent Network Size; Perceived Complementarity note: Pembimbing: Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom. abstract: Aplikasi pesan instan sebagai layanan komunikasi real-time yang menggunakan jaringan internet atau jaringan data, berguna untuk mengirim pesan, menerima pesan, dan mengirimkan file baik secara individual maupun kolektif, sehingga menjadi alternatif yang lebih cepat dan nyaman daripada SMS. Namun faktanya aplikasi pesan instan yang memiliki fitur dengan teknologi terbaru, tidak serta merta menjadi pilihan masyarakat. Bahkan tidak sedikit pengguna, yang lebih mementingkan faktor kenyamanan dibandingkan dengan faktor teknologi yang digunakan oleh aplikasi pesan instan. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis faktor-faktor yang menentukan kecenderungan masyarakat menggunakan aplikasi pesan instan. Penelitian ini di luar memberikan kontribusi terhadap teori konsumen dan perilaku manusia pengguna aplikasi pesan instan, juga berupaya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan teknologi aplikasi pesan instan di negara-negara berkembang, salah satunya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 5 variabel meliputi: Referent Network Size, Perceived Complementarity, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Tendency to Use, dengan metode kuantitatif untuk menguji hipotesis, mengidentifikasi pola, dan mengeksplorasi hubungan antar variabel dalam konteks yang objektif dan sistematis dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google survey berjumlah 1301 responden tersebar. Pengujian dengan analisis kuantitatif menggunakan alat analisis SmartPLS merupakan proses statistik yang bertujuan untuk menguji hubungan antara variabel laten dan indikatornya, serta hubungan antar variabel laten dalam sebuah model struktural. Dari data yang diperoleh menunjukkan aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi yang paling populer di Indonesia, diikuti Telegram, Facebook dan LINE. Dengan kesimpulan perlu dilakukan penyesuaian terhadap model, seperti menambah variabel yang lebih relevan, meningkatkan kualitas data, atau mengoptimalkan hubungan antar variabel, sehingga nilai level strukturalnya dalam hal ini f-Square meningkat. Setelah itu, perlu untuk terus mengevaluasi dan memperbarui model agar tetap sesuai dengan kondisi aktual, Sehingga nilai level strukturalnya dalam hal ini f-Square dapat dipertahankan pada level yang tinggi. Kata kunci: Mobile Instant Messaging (MIM), Apliksi Pesan Instan, WhatsApp (WA), Referent Network Size, Perceived Complementarity, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Tendency to Use, SmartPLS date: 2024-08-22 date_type: published pages: 79 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ichsan, NIM.: 22206051022 (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENGGUNAAN APLIKASI PESAN INSTAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67292/1/22206051022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67292/2/22206051022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf