%0 Thesis %9 Skripsi %A Fardan Manarul Huda, NIM.: 20106050056 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2024 %F digilib:67293 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Sistem Informasi; Metode PIECES; Skala liker %P 79 %T ANALISIS SISTEM INFORMASI VISIT MARKETING DAN CHECKLIST UNIT JASA PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS: EKSPEDISI JR CARGO PADA PT. JRSI SERVICES INDONESIA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67293/ %X Sistem informasi sangat memiliki peran penting dalam perusahaan pengiriman barang karena mampu meningkatkan efisiensi operasional. JR Cargo Indonesia bergerak dalam bidang pengiriman barang di seluruh Indonesia. Terdapat kekurangan sistem yang digunakan untuk proses pencatatan dan penarikan data customer dan pemeliharaan kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan target responden yaitu seluruh karyawan JR Cargo Indonesia. Kuesioner tersebut diukur menggunakan skala Likert dan hasilnya dianalisis menggunakan metode PIECES. Sebanyak 43 responden yang menghasilkan penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang digunakan JR Cargo saat ini yaitu Google Form berada di tingkat kepuasan cukup puas dan sistem versi baru berada di tingkat kepuasan puas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem visit marketing dan checklist unit versi baru memberikan peningkatan yang signifikan dibandingkan versi lama. Sistem baru ini mampu memenuhi kebutuhan operasional yang lebih kompleks dan memberikan dampak positif bagi perusahaan, sehingga pengembangan sistem ini dapat mendukung peningkatan efisiensi dan efektivitas operasional JR Cargo Indonesia. %Z Pembimbing: Ir. Muhammad Didik Rohmad Wahyudi, S.T., M.T.