eprintid: 67334 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/06/73/34 datestamp: 2024-10-14 01:20:42 lastmod: 2024-10-14 01:20:42 status_changed: 2024-10-14 01:20:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Nunung Hariani, NIM.: 03450454 title: STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM LAPANGAN DAN LABORATURIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTSN WONOKROMO YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Metode Praktikum Lapangan, Laboratorium, Pembelajaran Biologi note: Pembimbing: Drs. H.Suhardi,M.Pd. abstract: Dalam kegiatan belajar mengajar tugas guru tidak hanya memberi pengetahuan, melainkan menyiapkan situasi yang dapat menggiring siwa untuk aktif mengamati, mengadakan eksperimen, dan dapat menemukan fakta serta konsep sendiri, salah satunya adalah pemanfaatan lingkungan (lapangan). Metode praktikum laboratorium adalah suatu cara penyajian materi pelajaran sains biologi dimana siswa secara aktif mengalami dan membuktikan sendiri tentang apa yang dipelajarinya. Madrasah Tsanawiyah Wonokromo sudah menerapkan pembelajaran yang variatif tetapi masih jarang melakukan pembelajaran laboratorium. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran praktikum lapangan lebih efeektif untuk digunakan dalam pembelajaran biologi dengan sub pokok bahasan gerak pada tumbuhan serta untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan pembelajaran metode praktikum lapangan dan laboratotium. Desain penelitian yang digunakan adalah postes control group termasuk dalam quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel ditentukan secara random dengan teknik undian. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa praktikum lapangan dan laboratorium tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar sains Biologi. Sedangkan tanggapan siswa kelas VIII A terhadap pembelajaran metode ini adalah positif. date: 2008-06-10 date_type: published pages: 82 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nunung Hariani, NIM.: 03450454 (2008) STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM LAPANGAN DAN LABORATURIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTSN WONOKROMO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67334/1/03450454_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67334/2/03450454_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf