%A MIM.: 03450459 Ahmad Nur Tsalatsa %O Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M.Pd. %T UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE POSTER SESSION PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA KELAS VIII MTS N PRAMBANAN SLEMAN %X Tujuan penelitian itu adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam setiap siklusnya dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode poster session. Penelitian dilakukan di MTs N Prambanan Sleman, TA 2007/2008 pada sub pokok bahasan sistem peredaran darah pada manusia. Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting),observasi (observation) dan refleksi (reflection). Data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode poster session. Data motivasi belajar diperoleh dari lembar observasi dan prestasi belajar siswa diperoleh melalui soal tes. Data motivasi belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan prestasi belajar menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa pada rasa senang yaitu menunjukkan rasa senang dengan mendengarkan penjelasan metode poster session dengan kriteria baik (81,82%) dan menunjukkan rasa senang dengan membaca dan memahami poster secara bergantian dengan tertib dan teratur dengan kriteria baik (87,8%), aspek perhatian yaitu memperhatikan presentasi poster kelompok lain dengan kriteria baik (90,9%) dan menegur teman yang tidak berpartisipasi saat pembelajaran berlangsung dengan kriteria tidak baik (33,3%), aspek rasa tertarik yaitu siswa megajukan usul atau pertanyaan pada kelompok lain/guru dengan kriteria cukup (57,58%) dan membuat catatan walau tidak di perintah guru dengan kriteria baik (81,8%), aspek rasa antusias yaitu siswa aktiv mempelajari matern ketika sedang berlangsung presentasi dengan kriteria cukup(63.6%) dan mencatat hasil presentasi dan diskusi dengan kriteria cukup (60,6%), aspek rasa ingin tahu yaitu siswa menanyakan hal yang belum mereka ketahui baik kepada teman ataupun kepada guru dengan krieria kurang baik (48,4%) dan siswa menemukan ide baru ketika melaksanakan metode poster session dengan kriteria tidak baik (24,24%) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada nap sikhusya dengan effect size 0,3 %K Metode poster session, Motivasi belajar, Prestasi belajar %D 2008 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib67335